12 Jurus Sun Tzu dalam Bisnis

12 Jurus Sun Tzu dalam Bisnis

Oleh Jahja B Soenarjo

Pada tanggal 30 Agustus 2013, di tengah perayaan kemerdekaan indonesia, AMA Indonesia Cabang Malang kedatangan Jahja B. Soebarjo. Dalam seminar kali ini  menjelaskan tentang 12 jurus yang digunakan Sun Tzu, panglima perang China untuk memenangkan persaingan.

Di tengah terpuruknya perekonomian Indonesia, akibat melemahnya nilai Rupiah terhadap Dollar Amerika, menyebabkan beberapa perusahaan mengalami permasalahan, terutama perusahaan-perusahaan yang menggunakan bahan bakunya dari luar negeri sedangkan pasarnya adalah pasar lokal. Tetapi ada beberapa perusahaan yang tidak terpengaruh dengan situasi seperti ini, misalnya bisnis property.

Untuk mengatasi situasi persaingan seperti saat ini Sun Tzu Art of War merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk memenangkan persaingan. Sun Tzu adalah merupakan proses perencanaan strategi.  Strategi jitu yang dilakukan perusahaan akan berdampak positif pada kinerja perusahaan.

                Ada 12 jurus Sun Tzu yang bisa diterapkan di dalam menentukan strategi, yaitu: 1) Hormati Pelanggan. Pelanggan itu bukan musuh, kita harus mengetahui dan mengerti siapa pelangan kita. 2) Cermati Pasar. Definisikan medan persaingan. Siapa pasar kita, siapa pelanggan kita dan siapa pesaing kita. Seperti yang dilakukan Korea, perusahaan-perusahaan Korea mempelajari apa yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Sehingga tidak semua barang yang dihasilkan dipasarkan di daerah sasaran, karena melihat siapa pelanggan dan pesaingnya. 3) Tetap Fokus Pada Sasaran. Tentukan sasaran, apakah untuk memenangkan pertempuran, memenangkan peperangan ataukah mencari pasar baru. Yang paling menguntungkan adalah menemukan pasar baru. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan inovasi. 4) Amankan Posisi. Kita harus mengetahui dimana posisi persahaan kita, bukan hanya sekedar pemimpin pasar tetapi menemukan sesuatu yang baru. 5) Menyerang. Pertahanan yang terbaik adalah menyerang terlebih dahulu. Perusahaan harus tahu apa yang diserang dan harus mengetahui siapa musuhnya. Air mineral dalam kemasan botol, E****, diluncurkan tahun 1996, persis pada saat krisis moneter, dipasarkan di hotel-hotel berbintang. Hal ini membuat air mineral tersebut menjadi air mineral premium pertama.  6) Kejutan. Strategi yang jitu, akan mengejutkan musuh, mengagetkan pelanggan dan mempertahankan posisi. 7) Manuver. Harus cepat mengambil tindakan responsif. Setelah itu mengambil tindakan untuk menghindari. Mie S**** menjual mi dg harga murah, menjual 40 bungkus, diberi bonus 8 bungkus, dilawan oleh I******* dengan member bonus 8 piring untuk pembelian 1 kardus berisi 40 bungkus.  8) Konsentrasikan Sumber Daya. Perusahaan mengutamakan asumber daya manusia ataukah jumlah manusia. Sehigga harus memilih dan menempatkan orang yang tepat, serta menggunakan kompetensi untuk kompetisi. 9) Daya Saing Ekonomis. Perusahaan harus mampu mengefisienkan biaya, karena saat ini adalah era low of cost. Hyundai Excell $ 5.500 dan Honda Excellent $ 8.000. yang dibidik Hyundai adalah pasar yang berbeda dengan pasar Honda, padahal kualitas jauh di bawah Honda. Pasar yang berbeda membuat perusahaan diuntungkan. 10) Struktur Komando. Struktur komando yang baik ditunjukkan oleh pemimpin yang berkualitas, dimana keputusan cepat diambil. Pada situasi ini, informasi yang didapatkan secaara top down maupun bottom up berjalan dengan baik. 11) Kepemimpinan. Criteria pemimpin yang baik adalah mempunyai karakter, kompeten di bidangnya, mempunyai komitmen dan konsisten. Sebagai pemimpin, kita harus memberi contoh, keteladanan. 12) Sederhanakan. Kompleksitas itu mengakibatkan komplikasi, berfikirlah secara menyeluruh kemudian buat sesederhana mungkin.

Baroya Mila Shanty, SE, MM
Pengurus Ama Indonesia Cabang Malang
Staf Pengajar Manajemen FEB & MM PPs UMM

Satu Komentar pada "12 Jurus Sun Tzu dalam Bisnis"

  1. bambang pradj says:

    Terima kasih

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.