Andrie Wongso Mengulas 8 Kunci Sukses Bruce Lee

Andrie Wongso Mengulas 8 Kunci Sukses Bruce Lee

“Luar biasa!”, teriak peserta seminar bulanan AMA Malang lalu, yang dibawakan oleh Andrie Wongso pada tanggal 24 Februari 2012. Tatanan kursi ruang seminar Hotel Tugu yang tanpa meja ini menunjukkan bahwa tiket seminar terjual habis, dan tentu ruangan menjadi penuh berisi para peserta yang sangat antusias. Dengan judul seminar Bruce Lee’s Dragon Spirit, Andrie Wongso membawakan sebuah seminar motivasi dengan merangkum kunci-kunci sukses Bruce lee menjadi 8 kunci saja.

Andrie mengawali seminar dengan sebuah video yang mengulas pengalaman masa lalunya yang sempat menjadi seorang aktor kungfu di beberapa film Taiwan. Menjadi aktor tersebut tentu adalah salah satu cita-cita Andrie yang terinspirasi dari Bruce Lee. Ya, cita-cita yang tentu diwujudkan dengan kerja keras.

8 kunci sukses Bruce Lee yang dibawakan pada seminar ini, sebenarnya diambil dari salah satu bukunya yang berjudul 40 kunci sukses bersama Bruce Lee. Andrie Wongso memadatkannya menjadi 8 kunci saja, untuk menjadi inspirasi dan panduan bagi para peserta. Berikut ini ringkasan singkat tentang kedelapan kunci tersebut.

Yang pertama adalah “Self Image“, atau citra diri. Hal ini penting karena semua hal yang terjadi di kehidupan adalah berawal dari citra terhadap diri sendiri. Setidaknya ada 6 ciri citra diri negatif yang dibahas, yaitu pemikir negatif, tidak percaya diri, selalu bimbang dan ragu, lunak pada diri sendiri, takut tantangan, dan blok mental. Andrie Wongso juga menjabarkan strategi untuk mengurangi pemikiran negatif dengan CRAFT. CANCEL yang negatif, REPLACE dengan yang baik, AFFIRM setiap hari, FOCUS pada yang dipelajari, dan terakhir TRAIN dengan disiplin.

Tentu saja setelah pemikiran negatif akan citra diri ini dihilangkan, harus dibarengi dengan menerapkan ciri citra diri positif, yaitu selalu memiliki tujuan besar untuk diraih, penuh keyakinan dan percaya diri, tegar dan keras pada diri sendiri, optimis aktif, senang tantangan, dan open minded.

Kunci kedua adalah “Think Big“, atau berpikir besar. Bruce Lee pun dapat menjadi legenda yang masih terkenang hingga saat ini pun, mengawali kesuksesannya dengan berpikir hal besar. Menjadi aktor oriental pertama yang terbaik dengan gaji tertinggi di Hollywood adalah salah satu impiannya.

Kunci ketiga adalah “Self Actualization“, yaitu bagaimana mengaktualisasikan diri. Diiringi dengan kunci keempat yaitu “Action“, Andrie Wongso kembali menceritakan sedikit kisah hidupnya yang diharapkan dapat menjadi inspirasi para peserta. “Action is a high road to self-confidence and esteem”, adalah sebuah kalimat motivasi pendek lagi yang diutarakan oleh Bruce Lee.

Seminar ini bisa dibilang cukup panjang, sehingga Andrie Wongso memberikan waktu coffee break sejenak. Di sela-sela istirahat, peserta juga menyempatkan diri untuk berfoto sesaat dengan Andrie Wongso.

Seminar segera dilanjutkan dengan kunci kelima, yaitu “Skill“. Bruce Lee bisa menjadi sukses tentu berkat berbagai skillnya, yang salah satunya adalah “pukulan satu inci”. Sedangkan kunci keenam adalah “Brave“, atau keberanian. Andrie Wongso menekankan pada keberanian yang berarti jangan takut gagal.

Be water!“, yang artinya jadilah laksana air. Itulah salah satu kata motivasi pada kunci ketujuh, yaitu “Adaptive“. Orang sukses adalah orang yang bisa beradaptasi pada berbagai kondisi. Di mana pun dan pada kondisi apa pun, kemampuan adaptasi itu penting.

Sedangkan kunci terakhir adalah “Consistent“. Berlatih dan belajar secara konsisten menentukan keberhasilan seseorang. Bruce Lee berlatih sangat keras dan konsisten, sampai-sampai istrinya menceritakan dalam sebuah tulisan, yang mengatakan bahwa Bruce Lee selalu berlatih push up satu tangan setiap harinya.

Uniknya seminar kali ini adalah Andrie Wongso menyisipkan potongan-potongan film Bruce Lee yang bisa dijadikan pembelajaran dan diambil hikmahnya. Diiringi dengan alunan musik lembut dan jokes ringan dari Andrie Wongso, membuat seminar menjadi hidup.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca artikel tulisan Andrie Wongso sendiri di rubrik artikel.

Penulis: Muhammad Fauzil Haqqi, S.Kom.

2 Komentar pada "Andrie Wongso Mengulas 8 Kunci Sukses Bruce Lee"

  1. Anton says:

    kapan ya Andrie datang lagi ke malang ?

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tulisan Saya di Tempat Lain | HQ's Serenity - February 29, 2012

    [...] review seminar dengan bahasa netral untuk website AMA MAlang itu. Kalau mau baca, silahkan klik link ini. Oke oke, saya jujur deh kalo akhir-akhir ini gak bisa terlalu banyak nulis di blog ini, bahkan [...]

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.