Creative Communication Skills

Creative Communication Skills

Oleh Haryo Ardito

Proses komunikasi adalah proses memberikan informasi dan pengertian dari satu orang kepada yang lain. Proses ini meliputi 6 elemen dasar : Sender (encoder),  Message, Channel, Receiver (decoder), Noise dan Feedback. Ada dua tipe komunikasi, verbal dan non verbal. Komunikasi verbal atau komunikasi melalui percakapan meliputi: rapat informal staf, konferensi, rapat media massa. Komunikasi nonverbal : menggunakan gambar, gerak-gerik dan perilaku sebagai alat komunikasi, termasuk imaginasi yang diperoleh melalui foto, film, peta, tabel, grafik, dan video, demikian jugapenggunaan gerakan tubuh dan aktif mendengarkan. Komunikasi yang efektif menggunakan gerakan tubuh untuk memperkuat pembicaraan.

 

Ada tiga gaya komunikasi yang paling dasar : 1) Aggressive (Agresif) . Elemen dari gaya Aggressive Gaya Komunikasi  Langsung,  Orang lain harus sependapat,  Suka mengungkapkan pendapat. 2) Passive (Pasif,  Gaya Komunikasi  Tidak langsung, Selalu setuju, Tidak suka mengungkapkan pendapat mserta Ragu – ragu, 3) Assertive (Tegas), Gaya Komunikasi  Efektif, aktif mendengarkan,  Menentukan batasan, harapan. Menentukan batas pengamatan, tidak menilai atau menghakimi, Menunjukkan siapa dirinya, jujur dan secara cepat,  mengungkapkan perasaan dan keinginannya serta mencari tahu apa yang dirasakan orang lain.

 

Gaya komunikasi asertif ( tegas ) adalah satu-satunya gaya komunikasi yang harus dipertahankan, tetapi semua orang memiliki perpaduan berbagai macam gaya komunikasi. Kenyataannya, tipe agresif diperlukan pada waktu–waktu tertentu, seperti: Ketika sebuah keputusan harus dibuat dengan cepat, Keadaan darurat, Ketika mengetahui bahwa Anda benar dan berada dalam situasi kritis, Merangsang kreatifitas dengan membangun persaingan untuk memberikan pelatihan    atau untuk meningkatkan produktifitas

Gaya pasif juga mempunyai penerapan : Ketika persoalannya kecil, Ketika masalah menyebabkan konflik yang lebih besar dibanding konflik itu sendiri, Ketika emosi meninggi dan dirasa perlu untuk menahan diri agar menguasai suasana dan suasana menjadi tenang, Ketika Anda berada pada posisi yang lemah serta Ketika Anda tidak mungkin mengubah situasi ( contoh : kebijakan pemerintah, dll )

Sadari gaya komunikasi Anda dan ubahlah sejalan dengan waktu agar Anda dapat mengambil kesempatan untuk meraih sukses di dalam bisnis dan hidup Anda.

 

Ada 7 TIPS untuk memeriksa apakah Anda berkomunikasi dengan jelas. 1)Mengukur kejelasan percakapan atau presentasi 2) Membaca gerak tubuh orang yang bingung 3) Hindari penggunaan kata yang tidak jelas 4) Hentikan mengulangi pernyataan Anda 5) Katakan sebuah pokok pikiran hanya dalam

beberapa kalimat 6)Mulailah ditempat yg tepat & tetaplah berada di jalur 7) Tip dan Teknik

Diulas kembali oleh Baroya Mila Shanty, SE, MM

Universitas Muhammadiyah Malang

Categories: Berita Organisasi
Tags:

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.