Creative Marketing

Creative Marketing

Ditahun kejayaan ford yang dikenal “Henry Ford Paradog “ yang memberikan pilihan pada konsumen  “ Ford dapat membuatkan mobil untuk anda tetapi warnanya tetap hitam. Produk ford melakukan hal tersebut saat tersebut mungkin tapat karena memberikan deferensiasi terhadap produk lain.  Namun konsep Lee I a Koka menggugurkan konsep henry ford  ke konsep memenuhi keinginan kosumen. Nyatanya konsumen tidak ingin dipaksa oleh produsen, sehingga konsep Ford sudah ditinggalkan.Dan masuklah kosep pemasaran “sesuai keinginan konsumen“. Bahkan sekarang berkembang ke interior ada pilihan bebas untuk memilih.

Perubahan persaingan bisnis dapat dipengaruhi : teknologi, information networks, channels (electronics), perubahan customer bahavior dan kreativitas penciptaan pasar baru.
Teknologi mempengaruhi biaya produksi lebih kecil, teknologi bisa me”drive” produk baru dengan cepat. Teknologi bisa mengkopi produk pesaing dengan cepatnya. Bahkan teknologi membuat produk lama secara cepat kehilangan pasar. Kita masih ingat “pager”digeser Hp Analog, kemudian digeser HP LCD, terakhir digeser android dan seterusnya masih berjalan perubahan yang dapat mematikan hasil produksi sebelumnya.
Information network dengan sosial network seperti facebook, twitter dan media sosial lain dengan penyebaran yang sangat cepat, murah, detail. Pola ini mengubah bisnis informasi sebelumnya kembang kempis. Bahkan koran diprediksi akan makin menyempit dengan aktifnya koran electronic yang selalu update dari waktu ke waktu. Channel yang menggunakan sistem informasi media sangat mempercepat sistem komunikasi.
Perubahan customer behavior, memaksa bagian riset berubah untuk adaptasi dengan cepatnya perubahan. Perubahan tingkat ekonomi mengubah pola atau cara berbelanja dari pasar tradisional ke pasar modern. Pasar tradisional harus mengubah diri mengubah pelayanan dan cara kerja agar bisa bersaing dengan pasar modern. Perubahan pola konsumen memaksa bisnis telepon rumah dan warnet terdesak dengan makin murahnya pesawat handphone.
Kreativitas menciptakan pasar baru, model pariwisata sambil bertanam padi, berwisata dan berkebun apel, atau wisata dengan game, mengubah konsep berwisata lama yang mengutamakan pemandangan. Tulisan baju dengan kata kata kocak di jogger mampu mengangkat value kaosnya dan masih banyak contoh kreatifitas lainnya. Untuk memenangi perubahan diperlukan kompetisi untuk menjadi terbaik, tidaklah cukup. Namun kompetisi bisnis untuk mendapatkanatau menciptakan deferensiasi, bahkan deferensiasi yang lebih unik.
Sumber kreatifitas pemasaran dapat digali dari : konsumen, kompetisi / pesaing, riset, tekanan eksternal, regulasi dan karyawan.
Dalam mengali kreativitas diperlukan “Misioneist : orang yang selalu menginginkan hal hal baru” untuk menginspirasi management mendapatkan ide brillian untuk mendapatkan deferensiasi yang unik. Konsep kreativitas marketing adalah memenangkan pasar dengan keunikan deferensiasi yang dicari pasar.
Penulis : Ir. Sarbini Wono, MT
Ketua Umum AMA Malang

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.