DIGITAL SELLING AND INTERNET MARKETING (Teknik Menjual Efektif di Era Digital)

DIGITAL SELLING AND INTERNET MARKETING (Teknik Menjual Efektif di Era Digital)

Oleh Haryo Ardito

Haryo Ardito, kali ini datang kembali mengunjungi AMA Indonesia Cabang Malang untuk menyampaikan presentasi di bidang Marketing. Topik yang akan di bahas kali ini adalah tentang Digital Selling And Internet Marketing. Terobosan baru yang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa dinamisnya. Di awal presentasi Haryo mempertanyakan, dari mana kesuksesan itu muncul. Dari orang-orang yang mengenal kita?ataukah dari apa yang kita masukkan dalam otak.

Dunia ada di dalam genggaman. Itu adalah jargon yang pernah kita dengar. Kita tidak pernah menyangka, bahwa saat ini hanya dalam hitungan detik kita bisa mengetahui perkembangan dunia, dari sebuah benda mungil yang bisa kita genggam. Hand Phone. Dengan berbagai karakteristik yang ditawarkan, kita bisa melakukan apapun dengan jari jemari kita. Terukti dengan perkembangan pengguna smart phone di Indonesia yang hanya 10.6% di tahun 2012 berkembang menjadi 21.3% di tahun 2014, dengan pengguna sebesar 61 juta.

Haryo mencontohkan seorang pengusaha muda yang diberi warisan oleh orang tuanya, sebuah toko sepeda. Dia bisa meningkatkan omzet penjualan sebesar 3x lipat. Tanpa harus p[indah dari lokasi usaha yang diberikan orang tuanya. Hal itu dilakukan dengan menggunakan digital marketing. Dengan bantuan internet, dia bis menarikpembeli untuk memesan produk yang dia tawarkan, tanpa harus capek-capek mendatangi lokasi usahanya.

Sampai dengan tahun 2014, sudah ada 107 juta penduduk yang menggunakan internet di daam kehidupan sehari-hari. mediaSosial merupakan salah satu alasan begitu banyaknya pengguna iinternet di Indonesia. Face Book, Twitter, Whats App, Line, Cacao talk, Path, Hang Out, We Chat, dan lain-lain, merupakan media social yang banyak dijelajahi pada saat ini. Mengapa itu tidak kita manfaatkan untuk mengenalkan produk kita kepada pelanggan?

Pada awalnya perusahaan hanya melakukan penjualan dari satu orang ke orang lain. kemudian ada perkembangan sarana komunikasi, seperti telepon, SMS, BBM, dan beberapa media social yang ditawarkan. Akhirnya hal tersebut berkembang menjadi bagaimana memasarkan produk kita melalui internet, dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang semakin berkembang, dengan menggunakan keberadaan media sosial.

Apapun bisa kita lakukan. Kita bisa memasarkan produk kita melalui website, email, media social. Di Indonesia, pengguna Media Sosial dikuasai oleh pengguna Facebook, yang sampai saat ini diikuti oleh 1,4 milyar pengguna, diikuti oleh Twitter,  Line,  Google Plus, Linkedin, path, dan media social lainnya.

Peningkatan penjualan itu poin utamanya adalah pelanggan. Untuk meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan meningkatkakn jumlah pelanggan, meningkatkan frekuensi transaksi, serta meningkatkan nilai transaksi.Untuk bisa meraih pelanggan sebanyak-banyaknya maka kita harus masuk melalui pintu dia dan keluar melalui pintu anda, yang maksudnya kita harus mengarahkan pelanggan untuk bisa mengikuti kita, bukan kita mengikuti pelanggan.

Yang terpenting di dalam menjual itu adalah, bagaimana kita memberikan pertanyaan tentang apa yang mereka butuhkan, mendengarkan mereka berbicara, menyampaikan pesan dari perusahaan kita, menangani permasalahan yang dihadapi pelanggan, sampai p[elanggan memberikan tanda untuk melakukan pembelian. Selamat bermain-main dengan digital marketing, untuk meningkatkan penjualan. Dan selamat menikmati sensasinya. Dan jangan kaget, ketika omzet penjualan anda meningkat 3x lipat.

Baroya Mila Shanty, SE, MM
Pengurus Ama Indonesia Cabang Malang
Staf Pengajar Manajemen FEB & MM PPs UMM

 

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.