Exponential Thinking in Digital Revolution

Exponential Thinking in Digital Revolution

Pada seminar kali ini Bapak Bayu Prawira Hie membahas tentang pola pikir exponential untuk menghadapi revolusi digital. Presentasi diawali dengan pembahasan tentang revolusi atau perubahan yang dapat dibagi menjadi  revolusi secara linear dan exponential. Dalam diagram perbedaan jarak antara alur exponential dan linear menimbulkan disruption. Kebanyakan perusahaan sebenarnya sudah menyadari adanya musuh baru yang harus dihadapi yaitu era digital. Keberadaan musuh tersebut telah kita ketahui tanpa sadar bahwa perkembangan era digital sangatlah cepat. Kita berpikir bahwa era digital masih jauh didepan padahal kita harus siap menghadapinya kapan saja.

Alur perubahan digital diawali dengan digitalization lalu deception, disruption, dematerialization, demonetization sampai ke democration. Organisasi exponential (Exponential Organization) adalah organisasi yang hasil produk/outputnya sangat lebih besar dibandingkan organisasi di bidang yang sama lainnya. Hal itu dikarenakan penggunaan teknik organisasi yang inovatif yang memaksimalkan penggunaan teknologi exponential. Beberapa contoh exponential Organization yaitu Uber, Apple, Ted, Amazon, Microsoft dan Airbnb.

Perbedaan antara Organisasi Konvesional/Tradisional dan Organisasi Exponential antara lain dalam bidang management, objectives, dominant train of thought, innovation sources, planning, risk tolerance, flexibility, staffing level, ownership dan time horizon. Dalam bidang management traditional organization atau liner organization berdasarkan hirarki dan tinggi rendah jabatan sedang dalam exponential organization management secara autonomy dan social technology. Planning dalam Organisasi Exponential berdasarkan experimental sedangkan pada organisasi tradisional hanya berdasarkan pengalaman. Dalam Exponential Organization dikenal istilah Massive Transformative Purpose (MTP) ynag terdiri dari I.D.E.A dan S.C.A.L.E. Contoh perusahaan yang merupakan exponential organization (Airbnb, uber, dll), telah menerapkan Massive Transformative Purpose tersebut. I.D.E.A yang adalah bagian dari MTP merupakan internal characteristics Exponential Organization dan S.C.A.L.E adalah external characteristics dari Exponential Organization. I.D.E.A merupakan singkatan dari Interfaces, Dashboards, Experimentation, Autonomy dan Social Technology. Terakhir Bapak Bayu menambahkan tips untuk mengatasi Revolusi Digital adalah jangan menambahkan outlet yang perlu ditambah adalah kualitas dan meningkatkan user experience.

-Baby Arabella Dayantha-
Member AMA Indonesia Chapter Malang
Categories: Berita Organisasi
Tags:

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.