How to Build Top Sales Performance Team Concept, Strategy, Action

How to Build Top Sales Performance Team Concept, Strategy, Action

Oleh Mindiarto Djugorahardjo

Pada bulan Juni ini, AMA Indonesia Cabang Malang mengadakan seminar tentang pemasaran, yang menghadirkan bapak Mindiarto Djugorahardjo.

Dijelaskan bahwa untuk mebangun model itu diperlukan 1) Concept, yang terdiri dari: 3C’s factor, Sales Force Competences UDC, 3 Facts in Organization. 2) Strategy, yang terdiri dari Customer Behaviour, Development Sales Team, Right People in the Rifht Place “Disc” Model. 3) Action and Result, yang terdiri dari Supervision Tools, High Performance, Motivation and Moral Bust.

Konsep yang dibangun itu harus memperhatikan: pelatihan yang berkesinambungan, orang yang tepat ditempatkan pada tempat yang tepat, tanggung jawab didasarkan pada kompetensi, menggunakan sub consius, teladan, target individu, berorientasi solusi, ada team pendampingan dan penilaian, dibahas dalam manajerial, buat KPI, serta laksananakan sistem reward and punishment.selain itu juga harus memperhatikan Budaya Orientasi Kerja serta Perilaku dari pekerjaannya. Yang harus diperjatikan dalam hal ini adalah harus bisa memahami situasi, empunyai karakter dan mindset, dan tangguh dalam menghadapi resiko.

Konsep, Strategi dan Tindakan yang harus dilakukan itu dikenal dengan istilah AKBAR, yaitu Attitude, Knowledge & Skill, Behaviour, Action dan Responsibility. Kompensasi yang diberikan harus sejalan dengan strategi yang dijalankan. Adapun strategi tersebut adalah Market, Product, Satisfaction, Loyalty, Profit, Brand serta Image. Sedangkan yang dianalisa adalah: Pemilihan salesforce, Kinerja tenaga penjual, Remunerasi tenaga penjual, Gaya menjual, Mengukur kinerja, Otonomi tenaga penjual, serta Prioritas pelatihan tenaga penjual.

Ada 5 hal utama yang membuat karyawan loyal di dalam perusahaan, merasa dipintarkan, mempunyai kesempatan berkarier, adanya suasana londusif dan konstrufktif, besarnya pendapatan serta adanya peraturan yang fair. Untuk selanjutnya diperhatikan juga rencana insentif yang akan diberikan

Baroya Mila Shanty, SE, MM
Pengurus Ama Indonesia Cabang Malang
Staf Pengajar Manajemen FEB & MM PPs UMM

 

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.