Kita adalah Arsitek Nasib Bagi Diri Sendiri

Kita adalah Arsitek Nasib Bagi Diri Sendiri

Oleh Andre Wongso

Pada bulan Pebruari 2014, AMA Indonesia Cabang Malang kedatangan pembicara yang sudah tidak asing lagi, yaityu bapak Andre Wongso. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari motivator satu ini. Kali ini bapak Andre Wongso akan membahas tentang bagaimana kita mengelola hidup kita untuk mendapatkan hal yang sesuai dengan keinginan kita. Berikut ini adalah ulasannya ketika memaparkan di Hotel Tugu Malang.

Hidup itu harus dikelola dengan cerdas. Manusialah harus bisa meng-arsitek-i dan mengelola kehidupan dengan baik. Nasib yang kita terima, adalah akibat dari sebab-sebab yang kita buat. Kita tidak pernah tahu apa yang yang terjadi sebelum dan sesudahnya,  berkenaan dengan nasib, hoki dan sukses kita.

Sifat hidup itu adalah: anugerah, perubahan, pilihan, tanggung jawab, perjuangan dan terbatas. Mengefektifkan segala kemampuan yang dimiliki untuk mencapai sasaran yang besar di setiap kesempatan dengan cerdas (diperhitungkan), cermat (teliti) dan cekatan (berani dan cepat bergerak).

Cara berfikir dan mental kita sangat menentukan kualitas nasib kita. Tidak peduli bagaimana keadaan kita, keturunan siapa, apa warna kulit kita serta berlatar belakang pendidikan apa, kita berhak untuk sukses. Ada 5 faktor nasib baik, yaitu:

1) Cara Berfikir, pikiran adalah anugerah Tuhan yang memiliki kekuatan luar biasa, anda ingin maju, sukses, bahagia dan lain-lainnya, semua bisa terwujud dengan memaksimalkan potensi pikiran dengan baik dan benar. Sukses bukan milik orang-oranog tertentu, sukses milik anda, milik saya, dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, memperjuangkan dengan sepenuh hati.

2) Kesempatan, adalah mmomentum, dengan melihat, menunggu, menciptakan dan memanfaatkan kesempatan,hidup adalah proses belajar dan berjuang. Zaman selalu menyajikan kesempatan sukses bagio siapa saja yang berani berubah dan mengubah. Tidak penting dulu kita siapa, yang penting nasib bisa kita ubah.

3) Kemauaun, jika memiliki kemauan untuk sukses, maka 50% kesuksesan sudah ada di tangan, apabila ditambah berjuang lebih keras dan nyata maka 100% kesuksesan akan menjadi milik kita. “ Sukses datang pada orang yang sadar akan sukses, jika anda tidak berani menentukan sasaran, bagaimana bisa anda mendapatkannya” (Bruce Lee)

4) Kemampuan, sukses butuh keberanian, komitmen, perjuangan, pengorbanan, keuletan dan kegigihan. Tidak ada jalan rata mernuju sukses, kita harus jadi bulldozer untuk menyingkirkan semua halangan dan rintangan agar jalan menuju sukssea menjadi rata. Focus pada kemampuan yang kita miliki. Kegagalan adalah vitamin kesuksesan.

5) Koneksi. Dibutuhkan kekuatan doa dan komitmen 100%.

 

Diulas kembali oleh Baroya Mila Shanty, SE, MM

Universitas Muhammadiyah Malang

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.