MERUBAH STRES MENJADI POTENSI KREATIF

MERUBAH STRES MENJADI POTENSI KREATIF

Oleh Krishnamurti

Masing-masing individu pasti mempunyai kelemahan dan kekuatan, dalam menjalani segala aktifitas dalam kehidupannya, baik itu yang bersifat pribadi maupun yang berkaitan daengan pekerjaan. Kedua hal tersebut pasti akan sangat berkaitan. Ketika kekuatan yang mendominasi, pasti akan mudah bagi seseorang untuk menjalankan aktifitasnya. Tetapi sebaliknya, ketika kelemahan yang mendominasi, maka akan mempengaruhi kinerja seseorang, baik secara pribadi maupun yang berkaitan dengan pekerjaan. Pada kesempatan kali ini Krishnamurti seorang motivator dari Jakarta, akan memaparkan bagaimana cara untuk merubah kelemahan itu menjadi sebuah kekuatan.

Dalam kehidupan ini, apa yang sering kita pikirkan, itulah yang akan kita dapatkan. Pikiran kita akan menarik apa yang kita pikirkan. Sehingga kita berpikiran positif, maka akan menarik energi positif. Begitu juga sebaliknya, jika pikiran kita negatif, akan menarik energi negatif juga. Kalau kita memikirkan Emas, maka Emas yang akan kita tarik. Tetapi kalau kita memikirkan Sampah, maka Sampah juga yang akan kita tarik.

Apabila kita menetapkan fokus, maka akan berdampak pada hasil. Apabila fokus yang kita tetapkan salah, maka hasilnya juga akan salah. Apabila kita menemukan masalah, dan pikiran kita difokuskan pada masalah, maka masalah justru akan semakin membesar. Tetapi sebaliknya, ketika kita menentukan fokus pada solusi, maka ide-ide bariu akan muncul.

Salah satu terapi yang cukup ampuh untuk mengatasinya adalah dengan cara latihan motivasi diri, dengan merubah kegagalan yang menyakitkan menjadi penyembuhan,

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buat daftar kegagalanku, dari yang sangat diingat sampai yang tidak dapat diingat.
  2. Pilih satu kegagalan, yang dianggap paling menyakitkan hati
  3. Tingkatkan rasa sakit tersebut dua kali lipat, terus lakukan sampai batas maksimal
  4. Terima rasa sakit itu sebagai energi besar yang membangkitkan

Rasa sakit itu bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi agar menjadi kekuatan yang membangkitkan. Kunci hidup sukses adalah ketika mampu meliharta akhir tapi sadar akan saat ini. Satu hal yang harus dilakukan adalah, fokuskan pada hal posritif, agar dapat menarik energip[ositif, yang akan membawaa dampak positif dalam kehidupan kita.

Baroya Mila Shanty, SE, MM
Pengurus Ama Indonesia Cabang Malang
Staf Pengajar Manajemen FEB & MM PPs UMM

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.