OUTLOOK EKONOMI JAWA TIMUR PASCA PEMILU

OUTLOOK EKONOMI JAWA TIMUR PASCA PEMILU

Oleh KresnayanaYahya, M.Sc

Pada tahun 2013-1024 beberapa Negara di Dunia banyak yang sedang mengahadapi pemilu. Beberapa Negara di timur tengah, Eropa dan Asia mengalami gejolak pasca pemilu, sebagai contoh : Thailand. Secara umum tahun 2014 akan lebih baik dari dibandingkan tahun 2013, dan tahun 2015 banyak Negara yang akan mengalami pertumbuhan ekonomi positif. Sebagai contoh China akan mengalami pertumbuhan GDP karena China adalah motor pasokan ke Eropa dan Amerika.

China mulai menerapkan pajak barang sehingga konsumsi turun dan juga akan menginvestasikan dana investasi keluar Negeri. Negara-negara yang akan survive adalah Negara yang hemat sumberdaya / energy. Indonesia memiliki peran 2,3 % ekonomi dunia dan berada pada nomor  12.

Indonesia menghadapi pemilu presiden 9 Juli 2014. Pascapemilu, siapapun presidennya, akan menghadapi masalah infrastruktur, transportasi, dan besarnya biaya gaji PNS. Selain itu Indonesia akan rentan nilai tukar pasca pemilu. Kalimantan dan Sulawesi akan tumbuh, Jawa Tengah akan stagnan, 45% ekonomi akan dikuasai DKI Jakarta, Jawa Barat dan JawaTimur. Indonesia Timur akan meningkat dengan industry maritimnya. Bisnis yang memiliki prospek tahun 2015 dengan asumsi pemilu aman adalah Bisnis investasi,  Food and baverage, Leisure, Apparel, Ekonomi kreatif (holtikultura, bunga potong, herbal, buah tropis, art and craft, music, design, batik, product design, tourism)dan education. Tantangan di Indonesia adalah keserakahan danketidak pedulian pada lingkungan sosial, angka kematian bayi, ibu yang masih di bawah 19 tahun, pemborosan energy dan air. Pelaku usaha di Indonesia menjadi petualang tanpa kendali, dan pengendalian konsumsi yang belum berkelanjutan serta masih banyak sumberdaya local yang belum termanfaatkan.

Presiden terpilih harus membangun infrastruktur sesuai prioritas, memperkuat ketahanan ekonomi yang berkelanjutan, menumbuhkan partisipasi local bertaraf global, peningkatan kekuatan moral, mental daya juang dan tidak sekedar jadi konsumtif serta menggerakkan produktifitas nasional.

Prospek bisnis di Jawa Timur adalah bisnis penerbangan, terutama jikape merintah memperhatikan potensi beberapa daerah berikut: Jember, Malang, Banyuwangi dan Sumenep. Daerah-daerah tersebut memiliki potensi untuk membangun bandara. Potensi lain adalah bisnis hotel di Bojonegoro, minyak di Madura, Tol Pasuruan. Tantangannya adalah perubahan yang sangat cepat di semua sector, harus belajar personalized, knowledge economy.

Malang adalah salah satu daerah yang potensial di JawaTimur. Malang adalah kota yang didatangi banyak orang, inflasi yang stabil, angkatan kerjatinggi (sekitar  413 ribu) atau 64% dari jumlah penduduk, okupansi hotel >50%. Malang rayaakan menjadi daerah perdagangan b, pusat jasa dan pengembangan agro product. Potensibisnis di Malang adalah emas, sayur, kerajinan, tourism, perdagangan, jasa, otomotif dan industry makanan. Pariwisata akan menjadikan Malang Raya kawasan wisata terpadu. Tantangannya adalah bagaimana mendorong social entrepreneurship dan solution economy. Terkait dengan tantangan tersebut, koperasidan UKM akan memegang peran penting karena 64% pertumbuhan ekonomi dari usaha mandiri. Masalah utamanya adalah bagaimana membesarkan kapasitas, meningkatkan kecepatan ekspansi dan mendorong industry kreatif.

OLEH: Dr. Anna Triwijayati

Universitas Ma Chung Malang

Silahkan tinggalkan komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan secara bebas. Yang bertanda bintang wajib diisi.